Monday, February 26, 2018

Simple Stencil




Stencil

Hai..
Untuk tutorial kali ini saya akan membagikan tutorial tentang membuat gambar yang bisa diaplikasikan ke tas-tas yang akan kita buat.
Karena saya tidak pintar dalam menggambar, maka saya menggunakan cara ini untuk menampilkan gambar pada tas-tas saya.
Teknik ini disebut dengan "Stencil"
Dengan teknik ini, gambar yang kita buat bisa dipakai berkali-kali seperti sablon, karena tinggal menjiplak gambar tersebut ke media yang kita inginkan.

Untuk perlengkapan yang kita perlukan diantaranya :
1. Plastik, yang tebal supaya plastik tidak gampang kelipat waktu kita pakai. Disini saya menggunakan plastik map, maksud saya map yang untuk menyimpan berkas-berkas itu lho... hehehe.. ^-^
2. Pen cutter atau cutter biasa.
3. Cutting mat

Yang pertama, yang harus kita siapkan adalah gambar. Usahakan cari gambar yang mudah untuk dipotong-potong menjadi kecil-kecil nantinya. Atau silahkan sesuka hati, kalau mau cari gambar yang rumit juga tidak masalah yang penting telaten mengerjakan.. *-*

Print gambar tersebut.


Stencil

Pada gambar diatas, saya nge-print gambar burung.

Stencil

Letakkan gambar tersebut dibawah plastik. Maaf dalam penampakan foto diatas, plastik yang saya pakai, adalah plastik yang sebelahnya sudah terpakai.. biar irit.. wkwkwwk..

Stencil

Karena saya mengerjakan tutorial ini waktu saya dikantor (tidak bermaksud korupsi waktu, tapi karena memang hari libur tapi tetep harus jaga, dan ternyata sepiiii... jadi saya memanfaatkan waktu tersebut..
Daaann... tentu saja dikantor tidak ada cutting mat, maka saya memakai clipboard. Supaya clipboardnya tidak ternodai kena cutter, maka saya menggunakan bagian belakang clipboard tersebut. Tuh kelihatan kan, bagian belakang clipboard tersebut.. kotor.. ~o~


Stencil

Di bagian tepi plastik, disolasi ya, biar nempel di clipboardnya, supaya plastik tidak mudah geser.
Selanjutnya di cut, seluruh tepi setiap pieces dari gambar.


Stencil

Tara, stencil sudah jadiii...
Lihatlah plastik (bagian kanan gambar).. kelihatan kan, gambar burungnya..
sederhana bukan? dengan perlengkapan seadanya juga...


Stencil

Ambil media yang kita aplikasikan stencil tersebut. Disini saya menggunakan kain... kain burlap tepatnya.. Yang kebetulan akan saya gunakan untuk membuat tas.
Letakkan plastik stencil diatas kain, atur posisi, letakkan pas di posisi dimana gambar tersebut kita inginkan..

Stencil

Gambar mengikuti tepi lubang dari gambar stencil tersebut. (maaf.. kesulitan menjelaskan..)
Seperti gambar diatas hasilnya..


Stencil

Kemudian tinggal diblok atau dipenuhi setiap bagian lubang gambar tersebut.
Karena kita mengaplikasikan gambar tersebut pada kain, maka jangan lupa untuk menggunakan spidol yang khusus untuk kain, biasanya spidol akrilik..
Taraaaa.. bagus kan gambarnya?
Nah... plastik stencil tersebut bisa kita pakai lagi kapan-kapan..

Untuk tutorial stencil yang lain, dengan gambar sepeda seperti contoh dibawah.

Stencil


Stencil



Nah tutorial untuk membuat stencil sepeda seperti gambar diatas, teman-teman juga bisa lihat di channel youtube saya ya..
Ini linknya..
Dan untuk melihat tutorial saya yang lain, silahkan berkunjung ke "my channel"

Sekian untuk tutorial kali ini.
Semoga bermanfaat.
Happy crafting

Terimakasih

Lia Christy


2 comments:

  1. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    ReplyDelete